berita

DISKOMINFOARPUS Gelar Pelatihan Penyusunan Naskah Press Release

Thursday, 15 Apr 2021 - Sekretariat
 DISKOMINFOARPUS Gelar Pelatihan Penyusunan Naskah Press Release

CIMAHI UTARA, DISKOMINFOARPUSSebagai Organisasi Perangkat Daerah yang salah satu tugas pokok dan fungsinya adalah melakukan penyebarluasan informasi kepada masyarakat, maka para pegawai di lingkungan Dinas Komunikasi, Informatika, Kearsipan dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi perlu dibekali dengan kemampuan menyusun naskah siaran pers (Press Release) yang memadai. Untuk itulah, Diskominfoarpus Kota Cimahi mengadakan Pembekalan Teknik Pembuatan Naskah Siaran Pers bagi para pegawainya yang dilakukan secara daring bersamaan dengan pelaksanaan Apel Pagi / staff briefing pada Kamis (15/04).

Bertindak selaku pemateri pada kesempatan tersebut yaitu Sdr. Galih Imaduddin selaku Analis Publikasi dari Bidang Informasi, Komunikasi Publik dan Statistik (IKPS). Selama kurang lebih 60 menit, para pegawai diberikan pemahaman mengenai pengertian dan pemahaman dasar serta fungsi dari naskah press release, teknik pembuatan dan praktek penyusunan press release beserta teknik pemilihan fotografi pendukungnya, serta teknik input rilis untuk dikirim ke media massa.

“Dalam menyusun berita harus memperhatikan 4 faktor penting yaitu: faktual (tepat), aktual (nyata), penting (relevan dengan kondisi masyarakat) dan menarik (bukan sekedar berita keseharian). Dalam proses penulisannya, setiap naskah siaran pers harus selalu menggunakan prinsip 5W (what, when, where, who, why) dan -1H (how). Judul sebaiknya dibuat sesingkat mungkin namun tetap memperhatikan kesesuaian dengan isi berita,” tutur Galih.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Diskominfoarpus Kota Cimahi Mochammad Ronny mengatakan, pihaknya menyambut baik kegiatan pelatihan penyusunan naskah Siaran Pers ini, sebagai bagian dari upaya menyebarkan informasi kepada masyarakat. Ia berharap output dari kegiatan ini dapat diimplementasikan di lingkungan SKPD yang dipimpinnya, apalagi banyak program kegiatan yang belum terpublikasikan kepada masyarakat.

Ditambahkan Ronny, kegiatan ini merupakan bentuk pengembangan kapasitas aparaturnya dalam mengemas informasi menjadi sebuah produk yang dapat di-publish ke media. Pihaknya merencanakan untuk menggelar kegiatan seperti ini secara rutin di masa yang akan datang, agar jajaran aparatur terbiasa menginformasikan kegiatannya, sehingga dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dalam prses pembangunan di daerahnya.

Menurutnya, tidak menutup kemungkinan bahwa kegiatan ini akan melibatkan SKPD lainnya di lingkungan Pemkot Cimahi, sehingga berbagai potensi dan inovasi dapat terekspose melalui kemampuan aparaturnya dalam mengolah informasi yang memenuhi kaidah-kaidah jurnalistik yang baku. “Jadi kita akan dorong supaya para pegawai bisa menyusun press release. Nantinya hasil karya release itu akan di publikasikan melalui website Diskominfoarpus Kota Cimahi,” tandasnya disela-sela kegiatan.

Selain pemaparan mengenai teknik penyusunan naskah press release, pada kesempatan apel pagi tersebut disampaikan pula mengenai himbauan agar seluruh pegawai Diskominfoarpus memanfaatkan dan menggunakan domain email @cimahikota.go.id dan tanda tangan elektronik untuk penyelenggaraan administrasi persuratan sehingga menjadi lebih efektif dan efisien  serta menghemat waktu dan penggunaan kertas. Adapun kegiatan apel pagi dan briefing staf secara daring akan dilaksanakan seminggu sekali dimana setiap bidang dapat menyiapkan materi / informasi yang harus diketahui oleh seluruh pegawai untuk menambah wawasan dan pengetahuan terkait tupoksi Diskominfoarpus secara keseluruhan.

Apel pagi / staff Briefing ditutup Kepala Diskominfoarpus dan berakhir pada pukul 09.00 WIB.  Selanjutnya seluruh pegawai baik yang bekerja di rumah maupun di kantor melanjutkan kegiatan masing – masing dan diminta melaporkan kegiatan hariannya ke kepala bidang masing – masing.

Berita Utama